RPP IPS Masa praaksara dan periodisasi masa praaksara.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 29 Bekasi
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester
: VII
(tujuh)/2(dua)
Alokasi
Waktu : 1
pertemuan (2 jam pelajaran)
A. Kompetensi Inti
KI 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.4.
Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa
Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak
masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
|
1.
Menjelaskan masa praaksara
2.
Menjelaskan periodisasi masa praaksara
|
4.4.
Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia
pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa
praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
|
1. Menguraikan
masa praaksara
2. Menguraikan
periodisasi masa praaksara
|
C.
Materi Pembelajaran
-
Masa
praaksara dan periodisasi masa praaksara.
D.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam,
mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru mengecek
penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi masa
praaksara dan periodisasi masa praaksara dengan tanya jawab
3. Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai.
4. Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian
mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
5. Guru menyampaikan
lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta
didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2. Peserta didik
memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan
yang melibatkan masa praaksara dan periodisasi masa praaksara secara umum
Menanya
3. Guru mengarahkan
peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan masa praaksara dan
periodisasi masa praaksara.
4. Guru memotivasi
peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang
belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik
diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data
tentang apa yang dinamakan masa praaksara dan periodisasi masa praaksara.
Mengasosiasi
6. Peserta didik
masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan masa
praaksara dan periodisasi masa praaksara.
7. Guru berkeliling
mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan
kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8. Guru memberikan
bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah
yang dianggap sulit oleh peserta didik
9. Perserta didik dalam
kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan
menyimpulkan tentang apa yang dinamakan masa praaksara dan periodisasi masa
praaksara.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan
kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan masa praaksara dan periodisasi
masa praaksara.
11. Peserta didik yang
lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
12. Guru memfasilitasi
peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan masa
praaksara dan periodisasi masa praaksara.
13. Guru bersama dengan
peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran
dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
14. Guru melakukan
penilaian dengan memberikan kuis terkait masa praaksara dan periodisasi masa
praaksara.
15. Guru memberikan
umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
16. Guru memberikan PR.
17. Guru memberikan
kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
E. Penilaian
Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes
b. Bentuk
Instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi
: (terlampir)
F.
Media, Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.
Alat
dan bahan
a.
Laptop
b.
In focus
2. Sumber Pembelajaran : buku guru, buku siswa, lingkungan sekolah
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 29 Bekasi
Saleh Baharuddin, S. Pd. M. M.
NIP. 19590504 198603 1 013
|
|
Bekasi, Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
Kusumo Arif
Gunawan, S. Si.
NIP. 19760117 200801 1 005
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 29 Bekasi
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester
: VII
(tujuh)/2(dua)
Alokasi
Waktu : 1
pertemuan (2 jam pelajaran)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.4.
Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa
Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak
masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
|
3.
Menjelaskan nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia
4.
Menjelaskan asal nenek moyang bangsa Indonesia
|
4.4.
Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia
pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa
praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
|
3. Menguraikan
nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia
4. Menguraikan
asal nenek moyang bangsa Indonesia
|
C.
Materi Pembelajaran
-
Nilai-nilai
budaya masa praaksara di Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia.
D.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk
mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan
penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik
mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan
mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya terkait dengan materi nilai-nilai budaya masa praaksara
di Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia dengan tanya jawab
3.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan
kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi
kelompok
5.
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian
pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan penjelasan yang
diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan nilai-nilai
budaya masa praaksara di Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia secara
umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan
pertanyaan terkait dengan nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia dan
nenek moyang bangsa Indonesia.
4.
Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk
menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang
disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan
sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan nilai-nilai
budaya masa praaksara di Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan
berdiskusi tentang apa yang dinamakan nilai-nilai budaya masa praaksara di
Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia.
7.
Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam
kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya
tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di
masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta
didik
9.
Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan
bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang
dinamakan nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia dan nenek moyang
bangsa Indonesia.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan
kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan nilai-nilai budaya masa
praaksara di Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia.
11. Peserta didik yang
lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
12. Guru memfasilitasi
peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan nilai-nilai
budaya masa praaksara di Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia.
13. Guru bersama dengan
peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran
dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
14. Guru melakukan
penilaian dengan memberikan kuis terkait nilai-nilai budaya masa praaksara di
Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia.
15. Guru memberikan
umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
16. Guru memberikan PR.
17. Guru memberikan
kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
E. Penilaian
Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes
b. Bentuk
Instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi
: (terlampir)
F. Media, Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.
Alat
dan bahan
a.
Laptop
b.
In focus
2. Sumber Pembelajaran : buku guru, buku siswa, lingkungan sekolah
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 29 Bekasi
Saleh Baharuddin, S. Pd. M. M.
NIP. 19590504 198603 1 013
|
|
Bekasi, Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
Kusumo Arif
Gunawan, S. Si.
NIP. 19760117 200801 1 005
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 29 Bekasi
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester
: VII
(tujuh)/2(dua)
Alokasi
Waktu : 1
pertemuan (2 jam pelajaran)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.4.
Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa
Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak
masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
|
5.
Menjelaskan masuknya kebudayaan hindu-buddha di Indonesia
6.
Menjelaskan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia
|
4.4.
Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia
pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa
praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
|
5. Menguraikan
masuknya kebudayaan hindu-buddha di Indonesia
6. Menguraikan
pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia
|
C.
Materi Pembelajaran
-
Masuknya
kebudayaan hindu-buddha di Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap
masyarakat Indonesia.
D.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk
mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan
penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik
mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan
mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya terkait dengan materi masuknya kebudayaan hindu-buddha
di Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia dengan
tanya jawab
3.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan
kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi
kelompok
5.
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian
pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan
guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan masuknya kebudayaan
hindu-buddha di Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat
Indonesia secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan
pertanyaan terkait dengan masuknya kebudayaan hindu-buddha di Indonesia dan
pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia.
4.
Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk
menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang
disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan
sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan masuknya
kebudayaan hindu-buddha di Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap
masyarakat Indonesia.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan
berdiskusi tentang apa yang dinamakan masuknya kebudayaan hindu-buddha di
Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia.
7.
Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam
kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya
tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di
masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta
didik
9.
Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan
bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang
dinamakan masuknya kebudayaan hindu-buddha di Indonesia dan pengaruh
hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan
kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan masuknya kebudayaan
hindu-buddha di Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat
Indonesia.
11. Peserta didik yang
lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
12. Guru memfasilitasi
peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan masuknya
kebudayaan hindu-buddha di Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap
masyarakat Indonesia.
13. Guru bersama dengan
peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran
dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
14. Guru melakukan
penilaian dengan memberikan kuis terkait masuknya kebudayaan hindu-buddha di
Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia.
15. Guru memberikan
umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
16. Guru memberikan PR.
17. Guru memberikan
kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
E. Penilaian
Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes
b. Bentuk
Instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi
: (terlampir)
F. Media, Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.
Alat
dan bahan
a.
Laptop
b.
In focus
2. Sumber Pembelajaran : buku guru, buku siswa, lingkungan sekolah
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 29 Bekasi
Saleh Baharuddin, S. Pd. M. M.
NIP. 19590504 198603 1 013
|
|
Bekasi, Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
Kusumo Arif
Gunawan, S. Si.
NIP. 19760117 200801 1 005
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 29 Bekasi
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester
: VII
(tujuh)/2(dua)
Alokasi
Waktu : 1
pertemuan (2 jam pelajaran)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.4.
Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa
Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak
masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
|
7.
Menjelaskan kerajaan-kerajaan hindu-buddha di Indonesia
8.
Menjelaskan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha
|
4.4.
Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia
pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa
praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
|
7. Menguraikan
kerajaan-kerajaan hindu-buddha di Indonesia
8. Menguraikan
peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha
|
C.
Materi Pembelajaran
-
Kerajaan-kerajaan
hindu-buddha di Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha.
D.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk
mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan
penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik
mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan
mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya terkait dengan materi kerajaan-kerajaan hindu-buddha di
Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha dengan tanya jawab
3.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan
kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi
kelompok
5.
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian
pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan penjelasan yang
diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan kerajaan-kerajaan
hindu-buddha di Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha
secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan
pertanyaan terkait dengan kerajaan-kerajaan hindu-buddha di Indonesia dan
peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha.
4.
Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk
menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang
disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan
sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan kerajaan-kerajaan
hindu-buddha di Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan
berdiskusi tentang apa yang dinamakan kerajaan-kerajaan hindu-buddha di
Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha.
7.
Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam
kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya
tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di
masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta
didik
9.
Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan
bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang
dinamakan kerajaan-kerajaan hindu-buddha di Indonesia dan
peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan
kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan kerajaan-kerajaan hindu-buddha
di Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha.
11. Peserta didik yang
lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
12. Guru memfasilitasi
peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan kerajaan-kerajaan
hindu-buddha di Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha.
13. Guru bersama dengan
peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran
dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
14. Guru melakukan
penilaian dengan memberikan kuis terkait kerajaan-kerajaan hindu-buddha di
Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha.
15. Guru memberikan
umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
16. Guru memberikan PR.
17. Guru memberikan
kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
E. Penilaian
Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes
b. Bentuk
Instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi
: (terlampir)
F. Media, Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.
Alat
dan bahan
a.
Laptop
b.
In focus
2. Sumber Pembelajaran : buku guru, buku siswa, lingkungan sekolah
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 29 Bekasi
Saleh Baharuddin, S. Pd. M. M.
NIP. 19590504 198603 1 013
|
|
Bekasi, Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
Kusumo Arif
Gunawan, S. Si.
NIP. 19760117 200801 1 005
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 29 Bekasi
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester
: VII
(tujuh)/2(dua)
Alokasi
Waktu : 1
pertemuan (2 jam pelajaran)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.4.
Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa
Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak
masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
|
9.
Menjelaskan masuknya Islam ke Indonesia
10. Menjelaskan
persebaran Islam di Indonesia
|
4.4.
Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia
pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa
praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
|
9. Menguraikan
masuknya Islam ke Indonesia
10. Menguraikan
persebaran Islam di Indonesia
|
C.
Materi Pembelajaran
-
Masuknya
Islam ke Indonesia dan persebaran Islam di Indonesia.
D.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam,
mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru mengecek
penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi masuknya
Islam ke Indonesia dan persebaran Islam di Indonesia dengan tanya jawab
3. Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai.
4. Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian
mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
5. Guru menyampaikan
lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan penjelasan yang
diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan masuknya Islam
ke Indonesia dan persebaran Islam di Indonesia secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan
pertanyaan terkait dengan masuknya Islam ke Indonesia dan persebaran Islam di
Indonesia.
4.
Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk
menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang
disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan
sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan masuknya Islam
ke Indonesia dan persebaran Islam di Indonesia.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan
berdiskusi tentang apa yang dinamakan masuknya Islam ke Indonesia dan
persebaran Islam di Indonesia.
7.
Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam
kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya
tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di
masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta
didik
9.
Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan
bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang
dinamakan masuknya Islam ke Indonesia dan persebaran Islam di Indonesia.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan
kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan masuknya Islam ke Indonesia
dan persebaran Islam di Indonesia.
11. Peserta didik yang
lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
12. Guru memfasilitasi
peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan masuknya
Islam ke Indonesia dan persebaran Islam di Indonesia.
13. Guru bersama dengan
peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran
dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
14. Guru melakukan
penilaian dengan memberikan kuis terkait masuknya Islam ke Indonesia dan
persebaran Islam di Indonesia.
15. Guru memberikan
umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
16. Guru memberikan PR.
17. Guru memberikan
kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
E. Penilaian
Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes
b. Bentuk
Instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi
: (terlampir)
F. Media, Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.
Alat
dan bahan
a.
Laptop
b.
In focus
2. Sumber Pembelajaran : buku guru, buku siswa, lingkungan sekolah
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 29 Bekasi
Saleh Baharuddin, S. Pd. M. M.
NIP. 19590504 198603 1 013
|
|
Bekasi, Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
Kusumo Arif
Gunawan, S. Si.
NIP. 19760117 200801 1 005
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 29 Bekasi
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester
: VII
(tujuh)/2(dua)
Alokasi
Waktu : 1
pertemuan (2 jam pelajaran)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.4.
Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa
Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak
masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
|
11.
Menjelaskan pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia
12.
Menjelaskan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
|
4.4.
Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia
pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa
praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
|
11. Menguraikan
pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia
12. Menguraikan
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
|
C.
Materi Pembelajaran
-
Pengaruh
Islam terhadap masyarakat Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
D.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam,
mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik
merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik,
meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2. Guru mengecek
penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi pengaruh
Islam terhadap masyarakat Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
dengan tanya jawab
3. Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai.
4. Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian
mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
5. Guru menyampaikan
lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan penjelasan yang
diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan pengaruh Islam
terhadap masyarakat Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia secara
umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan
pertanyaan terkait dengan pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dan
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
4.
Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk
menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang
disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan
sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan pengaruh Islam
terhadap masyarakat Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan
berdiskusi tentang apa yang dinamakan pengaruh Islam terhadap masyarakat
Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
7.
Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam
kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya
tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di
masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta
didik
9.
Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan
bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang
dinamakan pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam
di Indonesia.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan
kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan pengaruh Islam terhadap
masyarakat Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
11. Peserta didik yang
lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
12. Guru memfasilitasi
peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan pengaruh
Islam terhadap masyarakat Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
13. Guru bersama dengan
peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran
dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
14. Guru melakukan
penilaian dengan memberikan kuis terkait pengaruh Islam terhadap masyarakat
Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
15. Guru memberikan
umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
16. Guru memberikan PR.
17. Guru memberikan
kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
E. Penilaian
Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes
b. Bentuk
Instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi
: (terlampir)
F. Media, Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.
Alat
dan bahan
a.
Laptop
b.
In focus
2. Sumber Pembelajaran : buku guru, buku siswa, lingkungan sekolah
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 29 Bekasi
Saleh Baharuddin, S. Pd. M. M.
NIP. 19590504 198603 1 013
|
|
Bekasi, Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
Kusumo Arif
Gunawan, S. Si.
NIP. 19760117 200801 1 005
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 29 Bekasi
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester
: VII
(tujuh)/2(dua)
Alokasi
Waktu : 1
pertemuan (2 jam pelajaran)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.4.
Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa
Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak
masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
|
13.
Menjelaskan peninggalan sejarah masa Islam
|
4.4.
Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia
pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa
praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
|
13. Menguraikan
peninggalan sejarah masa Islam
|
C.
Materi Pembelajaran
-
Peninggalan
sejarah masa Islam.
D.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali
dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka,
memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan.
2.
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya terkait dengan materi peninggalan sejarah masa Islam
dengan tanya jawab
3.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan
kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi
kelompok
5.
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian
pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
yang terdiri dari 4-6 orang
2.
Peserta didik memperhatikan penjelasan yang
diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan peninggalan
sejarah masa Islam secara umum
Menanya
3.
Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan
pertanyaan terkait dengan peninggalan sejarah masa Islam.
4.
Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk
menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang
disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan
sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan peninggalan
sejarah masa Islam.
Mengasosiasi
6.
Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan
berdiskusi tentang apa yang dinamakan peninggalan sejarah masa Islam.
7.
Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam
kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya
tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.
Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di
masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta
didik
9.
Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan
bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang
dinamakan peninggalan sejarah masa Islam.
Mengkomunikasikan
10. Beberapa perwakilan
kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah
didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan peninggalan sejarah masa Islam.
11. Peserta didik yang
lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
12. Guru memfasilitasi
peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan peninggalan
sejarah masa Islam.
13. Guru bersama dengan
peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran
dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
14. Guru melakukan
penilaian dengan memberikan kuis terkait peninggalan sejarah masa Islam.
15. Guru memberikan
umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.
16. Guru memberikan PR.
17. Guru memberikan
kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
E. Penilaian
Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes
b. Bentuk
Instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi
: (terlampir)
F.
Media, Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.
Alat
dan bahan
a.
Laptop
b.
In focus
2. Sumber Pembelajaran : buku guru, buku siswa, lingkungan sekolah
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 29 Bekasi
Saleh Baharuddin, S. Pd. M. M.
NIP. 19590504 198603 1 013
|
|
Bekasi, Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
Kusumo Arif
Gunawan, S. Si.
NIP. 19760117 200801 1 005
|
Komentar
Posting Komentar