RPP IPS Masa praaksara dan periodisasi masa praaksara.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                       Satuan Pendidikan    :    SMP Negeri 29 Bekasi
                                       Mata Pelajaran          :     Ilmu Pengetahuan Sosial 
                                       Kelas/Semester         :     VII (tujuh)/2(dua)
                                       Alokasi Waktu          :     1 pertemuan (2 jam pelajaran)

A.     Kompetensi Inti
KI 1.          Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.          Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.4. Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
1. Menjelaskan masa praaksara
2. Menjelaskan periodisasi masa praaksara

4.4. Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
1. Menguraikan masa praaksara
2. Menguraikan periodisasi masa praaksara


C.     Materi Pembelajaran
-          Masa praaksara dan periodisasi masa praaksara.

D.     Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi masa praaksara dan periodisasi masa praaksara dengan tanya jawab
3.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
5.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan masa praaksara dan periodisasi masa praaksara secara umum
Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan masa praaksara dan periodisasi masa praaksara.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan masa praaksara dan periodisasi masa praaksara.
Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan masa praaksara dan periodisasi masa praaksara.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan masa praaksara dan periodisasi masa praaksara.
Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan masa praaksara dan periodisasi masa praaksara.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
60 menit
Penutup
12.  Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan masa praaksara dan periodisasi masa praaksara.
13.  Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
14.  Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait masa praaksara dan periodisasi masa praaksara.
15.  Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
16.  Guru memberikan PR.
17.  Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

E.  Penilaian
Penilaian Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian : Tes
b.      Bentuk Instrumen : Uraian
c.       Kisi-kisi : (terlampir)

F.   Media, Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.      Alat dan bahan
a.       Laptop
b.      In focus
2.      Sumber Pembelajaran  : buku guru, buku siswa, lingkungan sekolah


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 29 Bekasi



Saleh Baharuddin, S. Pd. M. M.
NIP. 19590504 198603 1 013

Bekasi,    Juli 2016
Guru Mata Pelajaran



Kusumo Arif Gunawan, S. Si.
NIP. 19760117 200801 1 005



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                       Satuan Pendidikan    :    SMP Negeri 29 Bekasi
                                       Mata Pelajaran          :     Ilmu Pengetahuan Sosial 
                                       Kelas/Semester         :     VII (tujuh)/2(dua)
                                       Alokasi Waktu          :     1 pertemuan (2 jam pelajaran)

A.     Kompetensi Inti
KI 1.          Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.          Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.4. Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
3. Menjelaskan nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia
4. Menjelaskan asal nenek moyang bangsa Indonesia

4.4. Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
3. Menguraikan nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia
4. Menguraikan asal nenek moyang bangsa Indonesia


C.     Materi Pembelajaran
-          Nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia.

D.     Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia dengan tanya jawab
3.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
5.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia secara umum
Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia.
Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia.
Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
60 menit
Penutup
12.  Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia.
13.  Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
14.  Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia dan nenek moyang bangsa Indonesia.
15.  Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
16.  Guru memberikan PR.
17.  Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

E.  Penilaian
Penilaian Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian : Tes
b.      Bentuk Instrumen : Uraian
c.       Kisi-kisi : (terlampir)

F.   Media, Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.      Alat dan bahan
a.       Laptop
b.      In focus
2.      Sumber Pembelajaran  : buku guru, buku siswa, lingkungan sekolah


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 29 Bekasi



Saleh Baharuddin, S. Pd. M. M.
NIP. 19590504 198603 1 013

Bekasi,    Juli 2016
Guru Mata Pelajaran



Kusumo Arif Gunawan, S. Si.
NIP. 19760117 200801 1 005



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                       Satuan Pendidikan    :    SMP Negeri 29 Bekasi
                                       Mata Pelajaran          :     Ilmu Pengetahuan Sosial 
                                       Kelas/Semester         :     VII (tujuh)/2(dua)
                                       Alokasi Waktu          :     1 pertemuan (2 jam pelajaran)

A.     Kompetensi Inti
KI 1.          Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.          Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.4. Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
5. Menjelaskan masuknya kebudayaan hindu-buddha di Indonesia
6. Menjelaskan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia
4.4. Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
5. Menguraikan masuknya kebudayaan hindu-buddha di Indonesia
6. Menguraikan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia

C.     Materi Pembelajaran
-          Masuknya kebudayaan hindu-buddha di Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia.

D.     Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi masuknya kebudayaan hindu-buddha di Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia dengan tanya jawab
3.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
5.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan masuknya kebudayaan hindu-buddha di Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia secara umum
Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan masuknya kebudayaan hindu-buddha di Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan masuknya kebudayaan hindu-buddha di Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia.
Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan masuknya kebudayaan hindu-buddha di Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan masuknya kebudayaan hindu-buddha di Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia.
Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan masuknya kebudayaan hindu-buddha di Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
60 menit
Penutup
12.  Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan masuknya kebudayaan hindu-buddha di Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia.
13.  Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
14.  Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait masuknya kebudayaan hindu-buddha di Indonesia dan pengaruh hindu-buddha terhadap masyarakat Indonesia.
15.  Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
16.  Guru memberikan PR.
17.  Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

E.  Penilaian
Penilaian Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian : Tes
b.      Bentuk Instrumen : Uraian
c.       Kisi-kisi : (terlampir)

F.   Media, Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.      Alat dan bahan
a.       Laptop
b.      In focus
2.      Sumber Pembelajaran  : buku guru, buku siswa, lingkungan sekolah


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 29 Bekasi



Saleh Baharuddin, S. Pd. M. M.
NIP. 19590504 198603 1 013

Bekasi,    Juli 2016
Guru Mata Pelajaran



Kusumo Arif Gunawan, S. Si.
NIP. 19760117 200801 1 005



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                       Satuan Pendidikan    :    SMP Negeri 29 Bekasi
                                       Mata Pelajaran          :     Ilmu Pengetahuan Sosial 
                                       Kelas/Semester         :     VII (tujuh)/2(dua)
                                       Alokasi Waktu          :     1 pertemuan (2 jam pelajaran)

A.     Kompetensi Inti
KI 1.          Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.          Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.4. Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
7. Menjelaskan kerajaan-kerajaan hindu-buddha di Indonesia
8. Menjelaskan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha

4.4. Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
7. Menguraikan kerajaan-kerajaan hindu-buddha di Indonesia
8. Menguraikan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha


C.     Materi Pembelajaran
-          Kerajaan-kerajaan hindu-buddha di Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha.

D.     Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi kerajaan-kerajaan hindu-buddha di Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha dengan tanya jawab
3.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
5.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan kerajaan-kerajaan hindu-buddha di Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha secara umum
Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan kerajaan-kerajaan hindu-buddha di Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan kerajaan-kerajaan hindu-buddha di Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha.
Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan kerajaan-kerajaan hindu-buddha di Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan kerajaan-kerajaan hindu-buddha di Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha.
Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan kerajaan-kerajaan hindu-buddha di Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
60 menit
Penutup
12.  Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan kerajaan-kerajaan hindu-buddha di Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha.
13.  Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
14.  Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait kerajaan-kerajaan hindu-buddha di Indonesia dan peninggalan-peninggalan masa hindu-buddha.
15.  Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
16.  Guru memberikan PR.
17.  Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

E.  Penilaian
Penilaian Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian : Tes
b.      Bentuk Instrumen : Uraian
c.       Kisi-kisi : (terlampir)

F.   Media, Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.      Alat dan bahan
a.       Laptop
b.      In focus
2.      Sumber Pembelajaran  : buku guru, buku siswa, lingkungan sekolah


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 29 Bekasi



Saleh Baharuddin, S. Pd. M. M.
NIP. 19590504 198603 1 013

Bekasi,    Juli 2016
Guru Mata Pelajaran



Kusumo Arif Gunawan, S. Si.
NIP. 19760117 200801 1 005



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                       Satuan Pendidikan    :    SMP Negeri 29 Bekasi
                                       Mata Pelajaran          :     Ilmu Pengetahuan Sosial 
                                       Kelas/Semester         :     VII (tujuh)/2(dua)
                                       Alokasi Waktu          :     1 pertemuan (2 jam pelajaran)

A.     Kompetensi Inti
KI 1.          Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.          Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.4. Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
9. Menjelaskan masuknya Islam ke Indonesia
10. Menjelaskan persebaran Islam di Indonesia

4.4. Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
9. Menguraikan masuknya Islam ke Indonesia
10. Menguraikan persebaran Islam di Indonesia


C.     Materi Pembelajaran
-          Masuknya Islam ke Indonesia dan persebaran Islam di Indonesia.

D.     Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi masuknya Islam ke Indonesia dan persebaran Islam di Indonesia dengan tanya jawab
3.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
5.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan masuknya Islam ke Indonesia dan persebaran Islam di Indonesia secara umum
Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan masuknya Islam ke Indonesia dan persebaran Islam di Indonesia.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan masuknya Islam ke Indonesia dan persebaran Islam di Indonesia.
Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan masuknya Islam ke Indonesia dan persebaran Islam di Indonesia.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan masuknya Islam ke Indonesia dan persebaran Islam di Indonesia.
Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan masuknya Islam ke Indonesia dan persebaran Islam di Indonesia.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
60 menit
Penutup
12.  Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan masuknya Islam ke Indonesia dan persebaran Islam di Indonesia.
13.  Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
14.  Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait masuknya Islam ke Indonesia dan persebaran Islam di Indonesia.
15.  Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
16.  Guru memberikan PR.
17.  Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

E.  Penilaian
Penilaian Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian : Tes
b.      Bentuk Instrumen : Uraian
c.       Kisi-kisi : (terlampir)

F.   Media, Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.      Alat dan bahan
a.       Laptop
b.      In focus
2.      Sumber Pembelajaran  : buku guru, buku siswa, lingkungan sekolah


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 29 Bekasi



Saleh Baharuddin, S. Pd. M. M.
NIP. 19590504 198603 1 013

Bekasi,    Juli 2016
Guru Mata Pelajaran



Kusumo Arif Gunawan, S. Si.
NIP. 19760117 200801 1 005



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                       Satuan Pendidikan    :    SMP Negeri 29 Bekasi
                                       Mata Pelajaran          :     Ilmu Pengetahuan Sosial 
                                       Kelas/Semester         :     VII (tujuh)/2(dua)
                                       Alokasi Waktu          :     1 pertemuan (2 jam pelajaran)

A.     Kompetensi Inti
KI 1.          Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.          Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.4. Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
11. Menjelaskan pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia
12. Menjelaskan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

4.4. Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
11. Menguraikan pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia
12. Menguraikan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia


C.     Materi Pembelajaran
-          Pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.

D.     Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dengan tanya jawab
3.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
5.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia secara umum
Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
60 menit
Penutup
12.  Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
13.  Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
14.  Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
15.  Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
16.  Guru memberikan PR.
17.  Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

E.  Penilaian
Penilaian Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian : Tes
b.      Bentuk Instrumen : Uraian
c.       Kisi-kisi : (terlampir)

F.   Media, Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.      Alat dan bahan
a.       Laptop
b.      In focus
2.      Sumber Pembelajaran  : buku guru, buku siswa, lingkungan sekolah


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 29 Bekasi



Saleh Baharuddin, S. Pd. M. M.
NIP. 19590504 198603 1 013

Bekasi,    Juli 2016
Guru Mata Pelajaran



Kusumo Arif Gunawan, S. Si.
NIP. 19760117 200801 1 005



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                       Satuan Pendidikan    :    SMP Negeri 29 Bekasi
                                       Mata Pelajaran          :     Ilmu Pengetahuan Sosial 
                                       Kelas/Semester         :     VII (tujuh)/2(dua)
                                       Alokasi Waktu          :     1 pertemuan (2 jam pelajaran)

A.     Kompetensi Inti
KI 1.          Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.          Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.4. Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
13. Menjelaskan peninggalan sejarah masa Islam
4.4. Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.
13. Menguraikan peninggalan sejarah masa Islam

C.     Materi Pembelajaran
-          Peninggalan sejarah masa Islam.

D.     Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk mengawali dengan berdo’a, mengajak peserta didik merapikan kelas dan penampilan mereka, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi peninggalan sejarah masa Islam dengan tanya jawab
3.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, kemudian mengerjakan LK dengan cara diskusi kelompok
5.      Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes.
10 menit
Inti
Mengamati
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan peninggalan sejarah masa Islam secara umum
Menanya
3.      Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan peninggalan sejarah masa Islam.
4.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK.
Mengumpulkan informasi
5.      Peserta didik diminta untuk membuka buku siswa dan sumber lain untuk mengumpulkan data tentang apa yang dinamakan peninggalan sejarah masa Islam.
Mengasosiasi
6.      Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi tentang apa yang dinamakan peninggalan sejarah masa Islam.
7.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
9.      Perserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang apa yang dinamakan peninggalan sejarah masa Islam.
Mengkomunikasikan
10.  Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dinamakan peninggalan sejarah masa Islam.
11.  Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
60 menit
Penutup
12.  Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai apa yang dinamakan peninggalan sejarah masa Islam.
13.  Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik.
14.  Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait peninggalan sejarah masa Islam.
15.  Guru memberikan umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan, serta memberikan gambaran jawaban kuis.
16.  Guru memberikan PR.
17.  Guru memberikan kegiatan belajar yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. 
10 menit

E.  Penilaian
Penilaian Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian : Tes
b.      Bentuk Instrumen : Uraian
c.       Kisi-kisi : (terlampir)

F.   Media, Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.      Alat dan bahan
a.       Laptop
b.      In focus
2.      Sumber Pembelajaran  : buku guru, buku siswa, lingkungan sekolah


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 29 Bekasi



Saleh Baharuddin, S. Pd. M. M.
NIP. 19590504 198603 1 013

Bekasi,    Juli 2016
Guru Mata Pelajaran



Kusumo Arif Gunawan, S. Si.
NIP. 19760117 200801 1 005



Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOGO KEMENAG JATENG MAJENG (REDESIGN)

Contoh Proposal Skripsi PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI METODE HALAQAH DI SMK PESANTREN AL KAUTSAR PURWOKERTO

METODE, STRATEGI DAN MEDIA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI TINGKAT MI, MTs, MA/MAK BERBASIS KURIKULUM 2013