RPP Nikmatnya Salat, Indahnya Hidup

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan    : MTs Al Hidayah Karangsuci
Mata Pelajaran          : FIQIH
Kelas/Semester           : VII/1
Tahun Pelajaran        : 2017/2018
Sub Tema                    : Nikmatnya Salat, Indahnya Hidup
Alokasi Waktu            : 1 X 15 menit

A.    KOMPETENSI INTI
KI.1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan  lingkungan  sosial  dan  alam  dalam  jangkauan  pergaulan  dan keberadaannya
KI.3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     KOMPETENSI DASAR
1.2. Menghayati ketentuan salat lima waktu
3.3 Memahami waktu-waktu salat lima waktu

C.    INDIKATOR
Peserta didik mampu:
§  Menjelaskan sunnah salat (ab’ad haiat)
§  Melafalkan dan menghafal bacaan bacaan sholat
§  Menjelaskan waktu salat lima waktu

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pendekatan saintifik dengan  metode komperatif tentang ketentuan Sholat, peserta didik dapat:
§  Menjelaskan sunnah salat (ab’ad, haiat)
§  Melafalkan dan menghafal bacaan bacaan sholat
§  Menjelaskan waktu salat lima waktu

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Sunah salat merupakan ucapan atau gerakan yang dilaksanakan dalam salat selain rukun salat.
Sunnah-sunnah salat dibagi menjadi dua, yaitu :
a)      Sunnah `Ab`ad
Sunah `ab`ad adalah amalan sunah dalam salat yang apabila terlupakan harus diganti dengan sujud sahwi. Yang termasuk sunah `ab`ad adalah :
1)      tasyahud awal.
2)      membaca salawat pada tasyahud awal.
3)      membaca salawat atas keluarga Nabi pada tasyahud akhir.
4)      membaca qunut pada salat shubuh dan salat witir pada pertengahan hingga akhir bulan Ramadhan.
b)      Sunnah Hai`at
Sunnah hai`at adalah amalan sunah dalam salat yang apabila terlupakan tidak perlu diganti dengan sujud sahwi. Yang termasuk sunnah hai`at adalah :
1)      mengangkat tangan ketika takbiratul ihram sampai sejajar ujung jari dengan telinga dan telapak tangan sampai bahu.
2)      meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri ketika sedekap.
3)      memandang ke tempat sujud,
4)      membaca doa iftitah
5)      tuma`ninah (diam sejenak) sebelum atau sesudah membaca surat al-Fatihah.
6)      mengucapkan lafal “amin” sesudah membaca surat al-Fatihah.
7)      membaca surat selain surat al-Fatihah setelah membaca surat al-Fatihah.
8)      mendengarkan bacaan imam (bagi makmum).
9)      mengeraskan suara pada dua rakaat pertama salat Maghrib, isya dan subuh.
10)  membaca takbir intiqal setiap ganti gerakan kecuali ketika berdiri dari ruku`.
11)  membaca ketika i`tidal.

2.      Bacaan-Bacaan Salat Lima Waktu
Adapun berikut contoh bacaan-bacaan salat lima waktu :
1)      Takbir
ketika memulai salat, kita mengangkat tangan sambil mengucapkan



2)      Doa Iftitah

3)      Surat al-Fatihah
Dalam membaca surat al-Fatihah, kita harus memperhatikan makhraj dan tajwid. Bacaan surat-surat Al-Quran (misalnya surat al-ikhlas)

4)      doa ketika rukuk
Rukuk adalah membungkukkan badan membentuk sudut sembilan puluh derajat dengan menjadikan kedua tangan sebagai penyangga bertumpu pada kedua lutut kemudian membaca :
5)      Doa I'tidal
I'tidal adalah berdiri tegak kembali setelah rukuk. Ketika i'tidal sambil mengangkat
tangan kita membaca :





6)      Doa Sujud
Sujud adalah membungkukkan badan dengan meletakkan beberapa anggota tubuh dilantai tempat sujud. Ketika melakukan sujud kita membaca :





7)      Doa duduk antara dua sujud
8)      Bacaan tasyahud awal





9)      Doa tasyahud akhir
Ketika duduk tasyahud akhir kita membaca doa tahiyat awal dilanjutkan membaca :






10)  Doa-doa setelah membaca tasyahud akhir dan salawat
Doa memohon perlindungan dari azab kubur



11)  Ucapan salam dalam salat
Untuk mengakhiri salat kita membaca :


3.      Ketentuan Waktu Salat Fardhu
Di dalam Al-Quran, Allah Swt. sudah menegaskan bahwa salat itu ditentukan waktunya:

Waktu-waktu yang ditentukan ialah:

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr Ra bahwasanya Nabi Saw bersabda: “Waktu Zuhur itu ialah takala condong matahari (ke sebelah barat) sampai bayang-bayang orang sama dengan tingginya sebelum datang waktu ‘Ashar: dan waktu ‘Ashar sebelum kuning matahari, dan waktu Maghrib sebelum hilang awan merah (setelah terbenam matahari), dan waktu salat ‘Isya hingga tengah malam, dan waktu salat Shubuh dari terbit fajar hingga sebelum terbit matahari”. (HR. Muslim)

Waktu-waktunya ialah:
1.      Salat Zuhur
Awal waktunya setelah condong matahari ke barat dari pertengahan langit dan akhir waktunya apabila bayang-bayang telah sama panjangnya dengan sesuatu.
2.      Waktu ‘Ashar
Waktunya mulai dari habis waktu Zuhur, sampai terbenam matahari
3.      Waktu Maghrib
Waktunya dari terbenam matahari, sampai terbenam syafaq yang merah (cahaya merah dikaki langit sebelah barat)
4.      Salat ‘Isya
Waktu ‘Isya dari hilangnya syafaq merah sampai terbit fajar shadiq, (Rasulullah Saw kerap kali mengakhirkan ‘Isya hingga sepertiga malam)
5.      Waktu Shubuh
Waktunya dari terbit fajar shadiq sampai terbit matahari.

F.     METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan
Scientific mengamati,   menanya mengumpulkan   informasi,   mengolah   informasi,   dan mengkomunikasikan.
2.      Model
Direct instruction (pembelajaran langsung).
3.      Metode
-          Ceramah
-          Diskusi

G.    SUMBER BELAJAR
§  Buku pedoman guru Fiqih Kelas VII MTs.
§  Buku pegangan siswa Fiqih Kelas VII MTs paket siswa
§  Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar
§  Gambar  peta konsep sesuai materi 
§  Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajaar
§  Akses internet dan multimedia sesuai materi  pembelajaran

H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.  Kegiatan Pendahuluan
1)      Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2)      Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
3)      Guru menjelakan indikator yang diharapkan dalam pembelajaran
4)      Guru memotivasi peserta didik dengan menonton cuplikan video animasi islami seputar tentang sholat.
5)      Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar ketentuan salat lima waktu (Menjelaskan sunnah ab’ad haiat salat, Melafalkan dan menghafal bacaan bacaan sholat, Menjelaskan waktu salat lima waktu).
6)      Guru menggunakan metode kooperatif, antara lain diskusi dalam bentuk the educational diagnosis meeting. Peserta didik berbincang mengenai Sholat di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar.

b.  Kegiatan inti
1)      Guru meminta peserta didik untuk mengamati gambar yang tersedia di proyektor (Kegiatan mengamati)
2)      Setelah mengamati dan memperhatikan gambar, guru memberi stimulus kepada peserta didik agar penasaran terhadap apa yang diamatinya, lalu merangsang peserta didik untuk membuat pertanyaan dari hasil pengamatan.
3)      Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.
4)      Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya, dan peserta lain mendengarkan.
5)      Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara
6)      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya, seperti dalam pengamatan dari gambar yang tersedia.
7)      Lalu guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari guru. Peserta didik bisa bertanya dengan menggunakan kata Tanya: apa, mengapa, bagaimana, bagaimana jika dan sebagainya. (Kegiatan menannya)
8)      Usahakan guru tidak menjawab langsung pertanyaan-pertanyan siswa, melainkan melempar pertanyaan tersebut kepada peserta didik yang lain
9)      Lalu guru menguatkan dengan menjelaskan beberapa poin yang diramu dari beberapa poin pertanyaan atau tanggapan siswa sebelumnya (Kegiatan eksplorasi)
10)  Guru membentuk peserta didik kedalam 3 kelompok
11)  Guru memberi tugas siswa secara berkelompok. Lalu secara bergiliran menjelaskan hasil bacaan dan pemahaman masing-masing temannya yang lain secara bergantian.
12)  Guru membagi pertanyaan-pertanyaan ke tiap kelompok.
13)  Tiap kelompok mendapat tugas satu pertanyaan (guru mengambil dalam kolom menganalisa di buku siswa, atau mengembangkan soal pertanyaan lainnya). (Kegiatan menganalisa)
14)  Setiap kelompok terlebih dahulu berkumpul untuk membagi tugas, ada yang bertugas untuk menerangkan proses dari awal sampai terakhir, ada yang bertugas membagikan dan tugas-tugas lainnya.
15)  Guru mengevaluasi pertanyaan tiap kelompok, dengan mendiskusikan jawaban
16)  Untuk memperkuat pemahaman tentang sunnah ab’ad haiat salat, Melafalkan dan menghafal bacaan bacaan sholat, Menjelaskan waktu salat lima waktu, lalu guru meminta peserta didik untuk melakukan simulasi kegiatan tersebut (Kegiatan Mempraktikkan)
17)  Peserta didik melaksanakan uji kompetensi atas bimbingan guru (kegiatan evaluasi).

c.  Kegiatan Penutup
1)      Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2)      Guru merefresh peserta didik dengan bernyanyi bersama tentang sholat.
3)      Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas tidak terstruktur.
4)      Sebelum berdoa, guru mengingatkan peserta didik untuk benar-benar menjaga sholat, dan tidak meninggalkannya.
5)      Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa

I.       PENILAIAN (EVALUASI SISWA)
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik secara kognitif melalui soal sebagai berikut:
1)      Jelaskan apa pengertian ab’ad dan haiat!
2)      Berikan satu contoh sunnah haiat!
3)      Apa yang dilakukan ketika lupa melakukan tasyahud awal?
4)      Apa yang dimaksud dengan bacaaan iftitah?
5)      Kapan waktu sholat subuh?

Kunci Jawaban:
1)      Sunah `ab`ad adalah amalan sunah dalam salat yang apabila terlupakan harus diganti dengan sujud sahwi. Sunnah hai`at adalah amalan sunah dalam salat yang apabila terlupakan tidak perlu diganti dengan sujud sahwi.  
2)      mengangkat tangan ketika takbiratul ihram sampai sejajar ujung jari dengan telinga dan telapak tangan sampai bahu.
3)      Ketika lupa tasyahud awal maka kita melakukan sujud sahwi.
4)      Bacaan iftitah adalah bacaan yang dibaca setelah melakukan takbirotul ihrom





5)      Waktu Shubuh, Waktunya dari terbit fajar shadiq sampai terbit matahari

Text Box: Penilaian 
Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100





Purwokerto ,22 Februari 2018
Mengetahui,
Kepala Madrasah
MTs Al Hidayah Karangsuci



Umar Said, M.Pd
NIP -



Guru Mapel Fiqih



Fuad Ma’sum, S.Pd
NIM 1522402186





Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOGO KEMENAG JATENG MAJENG (REDESIGN)

METODE, STRATEGI DAN MEDIA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI TINGKAT MI, MTs, MA/MAK BERBASIS KURIKULUM 2013

RPP K13 Materi Puasa Wajib Puasa Sunnah Kelas 8 SMP